FILM 2019

1. Glass

Universal Pictures

Film garapan sutradara M. Night Shyamalan yang jadi penutup trilogi Unbreakable (2000) dan Split (2016) ini sebenarnya mendapat mixed review. Kritikus dan penonton terpecah menjadi dua kubu; ada yang memuji film ini, tapi ada juga yang mengkritiknya dengan pedas.

Tapi bagi saya pribadi, jalan cerita seputar problem menjadi “superhero” dan konsekuensinya di kehidupan nyata selalu menjadi bahan yang menarik untuk ditonton. Dan di sinilah Glass mampu menggambarkan kalau kehidupan pahlawan super itu nggak seindah seperti yang digambarkan di film-film MCU. Ayolah, orang sekeren Tony Stark sebenarnya nggak ada di kehidupan nyata!

2. Alita: Battle Angel

20th Century Fox

Walaupun dari sisi jalan ceritanya ada sedikit perbedaan sama manga aslinya, Alita: Battle Angel tetap layak jadi tontonan wajib bagi kamu para moviegoer. Terutamanya sih, buat kamu pencinta film actiondan sci-fi yang suka dimanjakan oleh aspek visual CGI keren. Jika kamu merasa adegan Motorball dan final battle di film ini top abis, berarti kamu sependapat dengan saya.

3. Captain Marvel

Walt Disney Pictures

Saat Kevin Feige kasih bocoran tentang film Captain Marvel di San Diego Comic Con 2016, semua pengunjung di TKP dan netizen di internet langsung menggila. Penggemar MCU di jagat bumi pun dibuat nggak sabar buat nonton film ini.

Untungnya Captain Marvel sukses memenuhi ekspektasi banyak orang. Film yang berkisah tentang asam mula salah satu karakter terkuat di MCU ini berhasil membombardir box office. Bukan karena hype-nya, melainkan karena plot ceritanya yang keren plus chemistry antara Brie Larson dan Samuel L Jackson yang berpadu manis bikin film ini jadi favorit banyak orang.

4. Shazam!

Warner Bros Pictures

Setelah Wonder Woman dan Aquaman, DCEU sekali lagi berhasil menciptakan film yang berkualitas tinggi! Pembawaan Zachary Levy pun udah pas banget buat memerankan superhero yang sifatnya masih kekanak-kanakan ini. Senada dengan alur ceritanya yang mudah dimengerti untuk sebuah film origin story. Bahkan anak kecil pun harusnya bisa mengerti jalan cerita Shazam! tanpa kesulitan.

Satu kata buat film ini: menghibur! Dan film ini bisa tampil menghibur karena ia nggak sok-sokan tampil gelap seperti film-film DC arahan, uhukk… Zack Snyder.

5. Avengers: Endgame

Walt Disney Pictures

Gila. Film ini benar-benar penuh kegilaan. Jalan ceritanya gila, jajaran aktornya gila, tatanan visualnya gila, dan durasinya yang sampai tiga jam lebih pun gila!

Dengan membawa beban sebagai film paling diantisipasi di tahun 2019, Avengers: Endgame layak disebut sebagai salah satu penutup sempurna dari fase ketiga MCU. Saya sendiri belum menemukan orang yang mengeluhkan kualitas film ini. .

6. Pokémon: Detektive Pikachu (10 Mei 2019)

via imdb.com

Detective Pikachu menjadi film pertama dari universe Pokémon yang diproduksi secara live action oleh Hollywood. Premis ceritanya mengisahkan tentang Tim Goodman (Justice Smith), mantan pelatih Pokémon yang menyelidiki hilangnya sang ayah dengan bantuan Pikachu. Pikachu yang sebelumnya cuma bisa ngomong Pika Pika sekarang bisa berbicara layaknya atlet silat lidah lho.

Kamu pengin tahu siapa pengisi suara Pikachu? Ryan “Deadpool” Reynolds.

7. John Wick 3: Parabellum (17 Mei 2019)

Summit Entertainment

Sebenarnya saya nggak tahu kenapa film ini laris di bioskop Indonesia. Apa karena kehadiran kang Yayan Ruhian atau memang karena film ini sudah ditunggu-tunggu? Tapi untuk saya, alasan kedualah yang lebih berlaku. Dan ternyata ekspektasi saya akan John Wick 3 pun terbayar lunas, aksi Keanu Reeves sebagai one-man-army sangar ala Punisher masih belum luntur.

8. Aladdin

Walt Disney Pictures

Awalnya saya pesimis sama adaptasi live action Disney ini. Tapi setelah nonton filmnya, ternyata saya salah besar. Aladdin terasa menyenangkan kala ditonton. Musikalisasinya pun jadi poin unggulan yang patut untuk diperhatikan dari film ini.

Satu lagi, ternyata akting Will Smith sebagai Genie lucu banget. Mendiang Robin Williams juga mungkin bakalan bangga melihat aksi penerusnya ini.

9. Rocketman

Paramount Pictures

Buat kamu yang puas sama Bohemian Rhapsody (2018), coba tonton film ini deh. Akting Rami Malek yang jadi Freddy Mercury memang bagus, tapi performa Taron Egerton sebagai Elton John di Rocketman pun nggak kalah keren. Aktingnya saya rasa patut buat dikasih dua acungan jempol.

Secara keseluruhan, Rocketman bahkan bisa dijadikan standar untuk film biopik seputar musik ke depannya.

10. Toy Story 4

Walt Disney Pictures

Akhirnya perjalanan Woody sebagai mainan yang punya perasaan ditutup manis oleh sekuel keempat dari Toy Story. Dengan plot cerita yang mudah diterima berbagai umur dan desain visualnya yang memanjakan mata, Toy Story 4 jadi salah satu film wajib yang kamu tonton di tahun 2019 ini.

EDITOR’S PICK

11. Yesterday

Universal Studios

Richard Curtis memang jagonya nulis film komedi romantis. Siapa sih yang nggak inget film brilian Love Actually (2003)? Kali ini dia hadir dengan karya terbarunya, Yesterday.

Yang unik dari film ini adalah bagaimana The Beatles nggak cuma jadi hiasan doang. Mereka punya peran besar dalam salah satu plot kunci di keseluruhan jalan ceritanya.

12. Spider-Man: Far From Home

Walt Disney Pictures

Sepertinya hampir semua orang yang udah nonton film ini bakal setuju, Spider-Man: Far From Homeberhasil menuntaskan misinya sebagai film penutup Phase 3 MCU.

Selain jalan ceritanya dan latar belakang musuh utamanya yang menarik, film ini juga memberikan hypebaru untuk para penikmat film superhero demi menanti gebrakan selanjutnya dari MCU.

EDITOR’S PICK

Belum Rilis

13. Once Upon a Time in Hollywood (26 Juli 2019)

Sony Pictures

Leonardo DiCaprio, Brad Pitt, Margot Robbie, dan Dakota Fanning adalah beberapa nama yang terlibat dalam film ini. Sutradaranya? Quentin Tarantino!

Kegilaan macam apa yang bakal disajikan Tarantino, saya udah nggak sabar menunggunya. Dan mungkin ini film juga bisa bikin Leonardo DiCaprio menang Oscar lagi.

14. Fast & Furious Presents: Hobbs & Shaw (1 Agustus 2019)

Universal Pictures

Spin-off dari franchise Fast & Furious ini lumayan bikin penasaran. Soalnya akting Dwayne Johnson di beberapa franchise film ini sebelumnya bagus dan cocok banget sebagai karakter supercop macam Hobbs. Dan jangan lupakan juga aksi khas kejar-kejaran mobilnya. Selain udah jadi ciri khas franchise ini, kita juga nggak pernah dibuat bosan melihatnya. Gas terus!

15. The New Mutants (2 Agustus 2019)

Saya masih kecewa saat tahun lalu 20th Century Fox memundurkan jadwal rilis The New Mutants demi memfasilitasi The Darkest Minds. Fox bersikeras merilis TDM karena menganggap plot yang diangkat kedua film tersebut nyaris serupa.

Meskipun begitu, harapan untuk nggak mengikuti jejak kegagalan TDM masih tetap ada bagi film yang masih satu universe dengan franchise X-Men ini. Sekadar informasi, karakter Illyana Rasputin yang diperankan Anya Taylor-Joy merupakan saudari dari Colossus yang juga muncul dalam dwilogi Deadpool.

16. Artemis Fowl (9 Agustus 2019)

Novel adaptasi young adult masih jadi bahan jualan Disney selain proyek remake dan live action. Tak terkecuali Artemis Fowl yang berpotensi menjadi kandidat film terbaik 2019. Atau… malah jadi bumerang seperti yang sudah-sudah?

Disutradarai oleh Kenneth Branagh, Artemis Fowl mengisahkan tentang seorang anak yang ingin menyelamatkan ayahnya dengan cara menangkap peri untuk dijadikan sandera. Wow, kayak lagi dengar sinopsis thriller pembalasan dendam ala-ala film Korea nih.

17. It: Chapter Two (6 September 2019)

Ya ampun, ada sekuelnya dong. Dan di sekuelnya ini, sekali lagi kita akan bertemu dengan anggota-anggota dari The Loser’s Club yang udah dewasa. 27 tahun setelah teror Pennywise berlalu, The mereka terpaksa harus kembali lagi melawan si badut serem itu.

Menarik sih, Pennywise ternyata masih usil juga walaupun Bill Denbrough dkk. udah pada tua. Kasihan juga ya, mungkin Pennywise kurang laku jadi badut pesta ulang tahun.

Turut dibintangi oleh James McAvoy dan Jessica Chastain, sekuel yang diadaptasi dari novel karangan Stephen King ini siap bersaing menjadi film terbaik 2019.  Film pertamanya saja memegang rekor sebagai film horor terlaris sepanjang masa lho.

18. Zombieland: Double Tap (11 Oktober 2019)

Sony Pictures

Columbus, Tallahasse, Wichita, dan Little Rock bereuni dalam sekuel Zombieland ini. Premisnya sendiri masih tetap sama dengan pendahulunya, yakni menceritakan empat karakter tersebut dalam perjuangan mereka bertahan hidup di tengah invasi para zombie. Tapi di sisi lain, kita juga masih akan menemukan banyolan-banyolan segar yang mengundang tawa dari film ini. Semoga!

19. Frozen 2 (22 November 2019)

Disney

Sekuel film yang ditunggu-tunggu adik-adik kita akhirnya keluar juga nih. Kali ini Elsa diceritakan bakal melakukan perjalanan ke suatu tempat untuk menguak asal muasal latar belakangnya.

20. Star Wars: The Rise of Skywalker (20 Desember 2019)

Walt Disney Pictures/LucasFilm

Ini nih… kandidat film terbaik 2019 di penghujung tahun yang saya tunggu! Sama seperti Avengers:Endgame, plot episode sembilan dari Star Wars ini juga masih belum diketahui dengan jelas sampai tulisan ini ditulis. Tapi yang paling utama sih, saya penasaran dengan kelanjutan karakter Princess Leia, mengingat Carrie Fisher yang memainkan peran tersebut telah meninggal dunia.

Gimana, ada film yang kamu tunggu masuk di dalam daftar atau malah jadi penasaran dengan film lain? Jangan lupa catat tanggal mainnya dari sekarang ya!